Jasa Backlink BOS PBN

Menilai Kualitas Backlink dan Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Backlink


Semua pemilik web pasti ingin memiliki backlink berkualitas untuk websitenya karena dengan kualitas yang tinggi tidak mengharuskan mempunyai banyak backlink. Berbeda jika backlink yang dimiliki berkualitas rendah barulah harus membutuhkan lebih banyak backlink.

Menilai Kualitas Backlink


Faktor yang Menentukan Kualitas Backlink dan Jumlah Backlink untuk Ranking 1 Google


Kualitas backlink dan jumlah backlink akan berpengaruh pada cepat atau tidaknya website terindeks Google. Menentukan kualitas dari suatu backlink bisa dilihat dari beberapa faktor, bukan dari jumlah backlink tersebut. Menghitung jumlah backlink juga tidak mudah karena hingga saat ini belum ada tools yang benar-benar mampu menjawab berapa jumlah backlink dibutuhkan untuk ranking 1 Google. Meskipun begitu, beberapa poin berikut bisa kamu gunakan untuk memudahkan cara penentuannya.

Ketahui Kondisi Website yang Ingin Dioptimasi


Mengetahui kondisi website artinya harus mengetahui hal-hal berikut ini.


a. Kualitas Konten


Tidak semua konten yang dipost di website memiliki kualitas sama karena diantaranya ada yang unik dan ada yang tidak, ada yang solutif dan ada yang hanya untuk menghibur saja bahkan ada yang lengkap dan tidak. Jika melihat dari desainnya ada yang nyaman dilihat mata dan ada juga yang tidak nyaman.


Konten yang tidak berkualitas yaitu konten yang tidak nyaman saat dibaca, tidak unik dan menarik, tidak memberikan manfaat langsung untuk pembaca. Google menganggap konten seperti ini berkualitas rendah dan poin on page yang didapat juga rendah. Lalu apa pengaruhnya untuk backlink? Poin yang rendah membuat website butuh lebih banyak backlink.


b. Halaman yang Terindeks


Jumlah halaman yang terindeks untuk setiap website pun tidak sepenuhnya sama. Website yang terindeks salah satunya bisa diperoleh karena pemilik rajin mengupdate konten dan dikelola dengan baik. Maka, jika kamu mengunggah konten hanya saat sedang mood saja tentu akan berpengaruh untuk website. Apalagi jika tidak dikelola dengan baik, akan sulit terindeks Google.


Kepercayaan pada niche pun bisa dipertaruhkan karena informasi ataupun pembahasan yang lengkap dan terkini selalu dibutuhkan untuk meningkatkan reputasi website. Jika kamu hanya mampu mengumpulkan sedikit poin on page, maka reputasi dari backlink harus diusahakan lebih bagus.


Berbeda jika kamu rajin mengunggah konten tentunya yang berkualitas tinggi hingga 20 ribu halaman misalnya, sedangkan competitor masih memiliki 500 halaman. Otomatis kamu tidak butuh banyak backlink untuk ranking.


c. Struktur On Page


Struktur on page yang dimaksud di sini adalah navigasi link di halaman website serta desain tata letak halaman. Kedua hal ini berpengaruh dalam menentukan jumlah poin dan kualitas backlink. Jika jumlah link di sitewide terlalu banyak dan muncul di semua halaman maka poin yang akan diperoleh dibagi sesuai jumlah link yang ada.


Jika seperti ini kejadiannya, poin yang akan kamu dapatkan dari setiap halaman akan lebih kecil sedangkan kamu butuh banyak. Oleh karena itu, yang harus kamu lakukan adalah membatasi sitewide link dan gunakan untuk halaman yang penting-penting saja.


d. Kondisi Server


Jika kamu menggunakan server luar negeri tetapi sesuai dengan target optimasi kamu, maka ranking di mesin pencari di Indonesia akan sulit didapatkan. Misalnya kamu menggunakan server di Singapura sedangkan saat ini kamu berada di Indonesia, hal ini tentu tidak sejalan kan makanya sulit memperoleh posisi ranking. Meskipun target yang kamu buat search console di Indonesia, tetap saja hasilnya tidak memuaskan jika kondisi optimasi sama.

Kondisi Halaman yang Digunakan


Kondisi halaman juga penting untuk diperhatikan, karena akan berpengaruh cepat atau tidaknya menduduki posisi ranking 1 di mesin pencari. Nah, untuk mengetahui kondisi halaman yang dipasangkan menggunakan faktor-faktor berikut ini.


a. Relevansi


Backlink ada yang diperoleh dari halaman yang relevan namun ada juga yang tidak. Halaman yang memiliki tingkat relevansi tinggi adalah halaman yang judul dan isi kontennya memuat kata kunci dengan jumlah pengulangan yang cukup. Jika bertanya berapa persen pengulangannya? Tidak ada kata persentase dalam hal ini, disesuaikan dengan jumlah kata.


b. Authority


Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah authority. Authority sangat penting dalam memberikan poin backlink serta memudahkan mencapai ranking 1. Apalagi jika website tersebut sudah berumur dan banyak pengunjung mengambil informasi di situ maka backlink dari halaman tersebut akan memberikan poin yang besar. Beda sekali website yang baru sehari atau 2 hari muncul di Google.


Oleh karena itu, jika kamu memperoleh backlink dari website yang relevan serta memiliki authority tinggi, tidak membutuhkan dalam jumlah banyak karena sudah memberikan poin yang tinggi. Penting untuk diketahui bahwa membuat website seperti itu bukan hal mudah.


Link yang letaknya di bagian header ataupun dalam artikel akan memberikan poin yang besar. Sedangkan jika letaknya hanya di bagian footer ataupun sidebar memiliki sedikit poin, apalagi yang berada di kolom komentar.


c. Kondisi Link


Berbicara tentang kondisi link, jika dalam satu halaman terdapat banyak link yang lain maka poin yang didapatkan akan dibagi lagi. Meskipun backlink tersebut dari halaman yang relevan. Makanya sangat disarankan mendapatkan backlink dari page authority tinggi sehingga saat poin terbagi tetap memperoleh besar yang lumayan untuk website sendiri. Cukup banyak poin yang dibutuhkan setiap ada peningkatan nilai page authority. Sehingga tidak salah mengapa halaman seperti memiliki jumlah poin yang tinggi.


Setelah membaca bahasan di atas sampai akhir mungkin kamu akan bertanya, “jadi, kapan backlink dapat terindeks Google?” Jawabannya tergantung kondisi website pemberi backlink tersebut. Masih bingung, coba ikuti penjelasan berikut ini.


Jika backlink ada di halaman website yang baru dan memiliki reputasi baik, maka juga akan cepat terindeks. Sekarang ini Google mencari halaman-halaman baru yang relevan menggunakan freshbot sehingga bisa cepat ditemukan dan cepat juga terindeks. Meskipun begitu, bukan berarti disarankan untuk menanam backlink di website yang sangat baru, karena juga akan lama terindeks. Jadi, tidak boleh memilih sembarangan halaman, lihat dulu apakah website tersebut masih relevan atau tidak, apakah memiliki authority yang tinggi atau rendah.


Indeks Website Menggunakan Website Deep Crawling Bot


Google saat ini dalam memilih halaman untuk diindeks sudah menggunakan Deep CrawlingBot untuk mengetahui backlink-backlink yang ditanam di halaman website yang sudah tua. Nah, dengan bantuan alat tersebut kira-kira butuh sekitar 1 bulan 2 minggu sampai berhasil terindeks.


Jika dilihat dari cara kerja Deep Crawling Bot ini, semakin banyak link yang diperoleh suatu halaman maka peluang untuk dirayapi robot ini lebih besar. Sehingga jika setelah proses perayapan selesai dan masih ada halaman yang belum terindeks, maka halaman tersebut mendapatkan kesempatan di periode selanjutnya.


Menilai Kualitas Backlink Kompetitor


Kualitas backlink competitor sangat penting untuk diketahui agar mampu mengalahkan pesaing. Jika pesaing kalah, tentu saja kamu memiliki kesempatan besar untuk mendapat ranking di mesin pencari. Lalu bagaimana cara mengetahui kualitas backlink pesaing? Kamu akan mudah mengetahuinya dengan memperhatikan beberapa poin berikut.

Kondisi Backlink yang Masuk


Jika backlink milik pesaing berasal dari website yang relevan, memiliki authority tinggi dengan otoritas yang tinggi juga, berarti kualitas backlink tersebut cukup bagus. Semakin tinggi dan semakin bagus kondisi backlink maka kualitasnya juga semakin meningkat.

Sumber Backlink


Tidak hanya fokus pada kondisi backlink, tetapi juga perlu melihat backlink yang diperoleh tersebut dari mana saja.

  • a. Backlink Jasa PBN


Umumnya backlink dari jasa PBN memiliki tingkat relevansi yang bagus namun page authority sering rendah. Maka, jika tetap ingin backlink PBN perlu berusaha agar domain page authority tinggi. Jika sudah mendapat puluhan ribu halaman PBN, itu sudah cukup kuat untuk menaikkan ranking sebab kekuatan relevansi yang disebutkan tadi. Selain itu, konten yang diposting juga harus yang unik dan bermanfaat.

  • b. Backlink Profil


Kualitas backlink profil cukup bagus meskipun halamannya tidak punya otoritas ataupun tidak terlalu relevan. Meskipun begitu, satu hal yang penting dari backlink ini adalah domain authority yang dimiliki cukup baik.

  • c. Backlink Blog Comment


Backlink dari komen blog memang tidak mempunyai relevansi yang tinggi. Oleh karena itu, perlu ditambahkan narasi yang relevan sekitar backlink. Domain authority sudah bagus sehingga jika relevansi juga tinggi akan memberikan poin yang besar untuk website. Jika ingin menduduki halaman pertama Google, harus mengumpulkan ribuan backlink seperti ini.

  • d. Backlink dari PBN Pribadi


Backlink yang berasal dari PBN pribadi umumnya sering fokus pada satu niche saja sehingga kualitasnya jauh lebih baik daripada backlink jasa PBN. Meskipun begitu, tetap saja perlu menyajikan konten terupdate agar kualitas website selalu relevan dengan perkembangan zaman. Paling sedikit dalam sebulan kamu harus 2 x mengupdate artikel agar memberikan kesan bahwa website masih aktif kepada Google.

  • e. Backlink Alami


Merupakan backlink yang sangat bagus dan banyak diinginkan para blogger. Selain gratis juga sangat relevan dengan berbagai informasi terbaru. Tentu saja backlink alami sulit didapatkan karena backlink ini diberikan oleh orang lain secara sukarela. Memang tidak perlu memintanya, tetapi usahakan dengan menyajikan konten terbaru, informative, solutif, unik dan menarik.

  • f. Paid Review


Jelas sekali ini sulit didapat karena memiliki kualitas tinggi yang memiliki harga sangat mahal. Umumnya paid review dipilih dari website yang relevan, memiliki reputasi bagus dan selalu aktif menyajikan konten. Bayarnya dilakukan sekali saja dan pengguna sudah tak perlu mengupdate lagi, sangat menguntungkan, bukan? Pokoknya, semakin tinggi kualitasnya maka harganya semakin mahal. Jadi, bisa dibilang harga sebanding dengan kualitas dan apa yang didapat nantinya.
Akhirnya, sudah pahamkan cara mengetahui kualitas backlink milik pesaing? Caranya gampang-gampang susah. Semua hal pasti ada sudah dan mudahnya, apalagi informasi tentang kualitas backlink pesaing perlu untuk kamu ketahui kelemahan demi mengalahkan pesaing.


Kamu dapat meningkatkan apa yang tidak dimiliki pesaing. Backlink bisa diperoleh dari website mana saja namun bukan jumlah yang terpenting tetapi kualitas backlink itu sendiri. Untuk apa jumlah banyak tetapi tingkat relevansi dan otoritas rendah, sama saja kamu harus mengumpulkan lebih banyak backlink lagi.

Baca Juga :