Jasa Backlink BOS PBN

3 Faktor Utama Backlink yang Menentukan Ranking Google

Faktor Utama Backlink merupakan hal yang perlu anda perhatikan jika membangun kekuatan website sehingga bisa mendapatkan posisi ranking yang baik di mesin pencari.

Salah satu faktor yang menentukan ranking di mesin pencari Google. Hal inilah yang membuat banyak orang terutama saat ini berusaha menggunakan backlink untuk websitenya, bahkan ada yang memesan jasa backlink.

Faktor Penting Backlink Penentu Ranking Google

Sebelum membahas lebih dalam tentang Faktor Utama backlink perlu diketahui bahwa tidak semua backlink memiliki nilai sama. Karena ada backlink tertentu yang setara dengan ribuan bahkan raturan ribu backlink. Jika kamu menginginkan dengan backlink mendapatkan poin maksimal, maka ada 3 faktor penting yang harus diperhatikan yaitu:

Faktor Utama Backlink : Profil Backlink yang Masuk

Profil backlink yang dikejar oleh banyak orang adalah profil yang bisa tampak alami di mesin pencari. Tentu saja profilnya harus beragam dalam berbagai hal. Berkaitan dengan  hal ini, ada beberapa poin yang akan jadi penilaian, diantaranya:

Variasi Nama Domain dan IP Website

Nama domain dan alamat ip website yang bervariasi merupakan komponen penting dalam profil backlink. Jadi, saat kamu mencari backlink usahakan nama domain yang beragam. Hindari menggunakan 1 nama domain untuk ribuan nama backlink. Sebaliknya 1 nama domain boleh kamu gunakan untuk 5 backlink, selanjutnya gunakan nama domain yang lain.

Tips ini penting untuk diterapkan guna  meningkatkan Domain Authority Websitemu lebih cepat. Lalu bagaimana caranya mengusahakan ip website yang beragam? Jika kamu berhasil memperoleh backlink dari sumber yang beragam tentu ip website  yang kamu dapatkan juga beragam. Maka, perlu juga menghindari membuat banyak jumlah website di satu layanan hosting.

Teks Jangkar Beragam

Website yang mampu menduduki ranking 1 mesin pencari saat ini umumnya yang mempunyai kata kunci panjang, bukan kata kunci pendek. Maka, mulai saat ini jika ingin memperoleh backlink lebih baik kamu menggunakan kata kunci panjang. Selain itu, banyak juga yang menggunakan kata  kunci “klik di sini” dan kata kunci teks jangkar dari nama domain. Menggunakan teks jangkar tentunya jangan itu-itu saja tetapi usahakan yang beragam.

Narasi yang Bervariasi

Teks ataupun kalimat-kalimat yang ada di sekitar backlink dikenal dengan sebutan narasi, yang mana berpengaruh besar untuk backlink. Jika kamu sudah memasang backlink di halaman yang tidak populer ataupun sudah tidak relevan lagi tetapi tetap ingin dapat pengunjung, maka usahakan untuk menggunakan narasi yang relevan disekitar backlink. Efek pemasangan narasi bervariasi lebih kuat dibandingkan efek teks jangkar. Oleh karena itu, penggunaan narasi sebaiknya 50 kata atau lebih dan  tidak kurang dari itu dengan minimal 3 kali pengulangan kata kunci. Akan lebih baik lagi jika kamu berhasil mendapat backlink alami sebab mampu mempercepat naiknya ranking di Google.

Faktor Utama Backlink : Kualitas Backlink yang Diperoleh

Kualitas dari backlink yang didapat sangat penting karena yang dilihat oleh Google bukan jumlah tetapi kualitas dari backlink itu sendiri. Tingginya tingkat kesulitan untuk mendapatkan backlink merupakan ciri utama bahwa backlink tersebut berkualitas. Selain itu, masih ada beberapa faktor yang menentukan kualitas suatu backlink  yang dibahas berikut ini.

Otoritas

Otoritas backlink mampu memberikan poin yang tinggi untuk website. Artinya semakin tinggi otoritas yang dimiliki website pemberi backlink maka poin otoritas yang kamu peroleh di websitemu juga semakin tinggi. Website dengan nilai domain authority yang tinggi juga akan memberikan efek besar untuk website milikmu.

Relevansi

Otoritas dan relevansi website memiliki hubungan erat dimana semakin rendah relevansi yang dimiliki website pemberi backlink maka poin otoritas yang kamu dapatkan di websitemu juga semakin sedikit. Sehingga untuk mendapatkan poin yang tinggi  kedua faktor ini perlu ditingkatkan.

Jika dilihat dari hubungannya, tinggi atau tidaknya otoritas backlink yang kamu peroleh pada akhirnya besar atau tidaknya pengaruh untuk websitemu akan ditentukan oleh tingkat relevansi. Memahami hal ini, kamu tentu perlu melakukan sesuatu guna menaikkan tingkat relevansi dari backlink. Apa yang seharusnya kamu lakukan? Terapkan trik-trik narasi yang sudah dibahas di atas.

Posisi Backlink

Ternyata posisi backlink pun berpengaruh dalam menentukan berkualitas atau tidaknya backlink yang kamu dapatkan. Jika backlink milikmu berhasil terpasang di konten utama pada halaman website maka kamu memperoleh poin yang tinggi. Maka, usahakan backlink-mu dapat menduduki posisi paling atas dan paling kiri. Nah, untuk link yang ada dikolom komentar akan diberikan poin kecil untuk backlinkmu.

Halaman Penting dan Halaman Tidak Penting

Perlu diketahui bahwa dalam sebuah website itu terdapat halaman tak penting dan juga ada halaman penting. Halaman yang sangat banyak memperoleh internal link merupakan halaman penting. Sedangkan yang sedikit memperoleh internal link disebut halaman tak penting. Hal ini juga ditandai dengan tinggi atau tidaknya nilai page authority.

Jadi, meskipun backlink  berhasil terpasang di website universitas bukan berarti langsung memperoleh poin yang besar. Apalagi jika backlink terpasang di halaman tak penting website tersebut, pastinya poin yang kamu dapatkan juga sedikit.

Faktor Utama Backlink : Kondisi Website

Kondisi website sebaiknya yang berbobot  karena juga menentukan meningkat atau tidaknya ranking page Google. Kamu tidak membutuhkan banyak backlink jika memang website yang kamu miliki berbobot tinggi. Faktor-faktor yang menentukan bobot website diantaranya sebagai berikut:

  1. Postingan ataupun konten yang diposting sebaiknya berkualitas artinya bukan saja menarik dan unik, namun juga lengkap dan informative bahkan solutif.
  2. Postingan boleh berupa teks, gambar dan video yang unik.
  3. Jumlah postingan juga berpengaruh terutama postingan yang unik tadi.
  4. Usahakan fokus pada 1 niche
  5. Setiap halaman pastinya memiliki internal link,  dibatasi atau tidak akan berpengaruh pada berbobot dan tidak berbobotnya suatu website.
  6. Jika memang kamu ingin mengembangkan website bisnis, maka daftarkan di Google My Business.

 Nah, jika website kamu sudah memiliki ke-6 kriteria di atas berarti tidak butuh banyak backlink lagi. Tetapi, jika lebih banyak faktor di atas belum terpenuhi artinya masih banyak backlink yang kamu butuhkan.

Ketiga poin penting di atas mulai dari profil backlink yang masuk, kemudian kualitas backlink hingga kondisi website akan menentukan ranking di mesin pencari. Oleh karena itu, jika saat ini kamu merasa website masih tidak berkembang, coba perhatikan kembali dan lakukan pengecekan kembali. Siapa tahu ada kesalahan pada optimasi onpage dan optimasi backlink yang sudah dilakukan. Setelah mempelajari artikel ini diharapkan kamu memperbaiki kesalahan-kesalahan sebelumnya agar ke depan semakin berkembang. Jangan berhenti di situ saja karena kamu masih punya target menaikkan ranking website  di mesin pencari.

Mengenai backlink, jika masih sulit mendapatkannya kamu bisa coba gunakan jasa backlink. Banyak keuntungan yang kamu dapatkan, kamu pun tidak terlalu khawatir lagi tentang perkembangan websitemu. Bisa fokus membuat konten lebih bagus, informative dan mampu  menjawab semua kebutuhan pengunjung.

Baca Juga :