Jasa Backlink BOS PBN

4 Bentuk Konten yang Mampu Menarik Backlink Berkualitas

Tips Mendapatkan Backlink dari Konten yang Dibuat

Backlink dengan mudah diperoleh jika memang konten yang dibuat disukai dan bermanfaat untuk pembaca. Saat membuat konten bukan asal sudah berhasil diposting, berarti itu sudah selesai. Tetapi ketahui apa tujuan yang ingin dicapai dari konten yang dibuat.

4 Bentuk Konten
4 Bentuk Konten

Salah satu tujuan banyak orang saat membuat sebuah konten adalah untuk menarik link, dimana link ini salah satu bagian SEO berguna untuk reputasi website di mesin pencari. Jika berhasil memperoleh backlink berkualitas maka traffic tentu akan meningkat pesat di website yang kamu miliki. Lalu bagaimana cara menarik link dari konten? Buatlah konten seperti bentuk-bentuk berikut.

Bentuk Konten List Post

Konten berbentuk list post adalah konten yang isinya memiliki format urutan, daftar dan poin-poin. Seperti berisi tentang metode, jenis-jenis, tips dan trik, saran dan tips. Konten seperti ini umumnya fokus pada topik tertentu yang tidak bertele-tele serta dicantumkan kesimpulan singkat di bagian akhir konten.

Konten berbentuk list post adalah konten yang paling disukai oleh pembaca bahkan paling shareable. Keuntungan konten seperti ini sangat konsisten sehingga situs akan memperoleh pengunjung yang stabil. List post pun bisa dengan mudah dipahami pembaca dan menemukan informasi yang dicari. Banyak orang yang suka membuat link ke konten list post karena memiliki kelebihan berikut:

  1. Konten list post membuat pembaca dapat memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan bacaan tersebut.
  2. Membaca list post tidak butuh waktu banyak, sekilas saja pengunjung sudah menemukan apa yang dicari. Inti dari isi konten langsung bisa ditemukan karena umumnya setiap list merupakan subjudul.
  3. Rasa ingin tahu akan muncul dengan sendirinya saat pengunjung melihat konten list post itu sendiri.

Langkah Membuat List Post

Membuat konten list post sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, jika kamu masih merasa kesulitan kamu dapat mengikuti langkah berikut:

  • Pilih Topik

Setelah menemukan topik yang tepat maka setidaknya ada beberapa list post yang bisa ditemukan. Nah, bagaimana caranya agar memperoleh link dari orang lain? Hasilkan konten yang layak dihubungkan ataupun berhubungan dengan konten dengan blogger lainnya. Maka dengan sendirinya pembaca akan bersedia membagikan link.

  • Format Artikel

Saat membuat konten tidak perlu terlalu panjang, lebih baik menggunakan layout dengan 3 bagian yaitu pengantar, list dan kesimpulan. Pengantar bertujuan menjelaskan pentingnya topik pembahasan. Sedangkan list berisi inti pembahasan dan kesimpulan  bertujuan memfokuskan pada item terbaik dari isi konten.

Konten Berbentuk Panduan

Panduan selalu dibutuhkan dari masa ke masa tentang hal apapun itu. Jika berhasil menulis sebuah panduan terbaik yang lengkap maka pembaca pasti akan bersedia menyarankan link tersebut.

Langkah Membuat Konten Berbentuk Panduan

Dilihat dari namanya saja, membuat panduan bukanlah sesuatu yang mudah tetapi sangat bagus untuk traffic pengunjung jika berhasil melakukanya. Mungkin cara berikut akan cukup membantu.

  • Topik dan Ruang Lingkup

Mulailah dengan memilih topik pembahasan serta ruang lingkupnya, selain memudahkan dalam penyelesaian panduan juga mampu menentukan nilai dari konten yang dibuat. Tidak perlu terlalu banyak asalkan memuat hal-hal penting tentang topik daripada menjelaskan banyak hal yang tidak berhubungan langsung dengan topik.

  • Merancang Panduan

Merancang panduan juga tidak mudah, sehingga membutuhkan bantuan seorang penulis yang kompeten. Semjua hal tentang panduan harus dibuat dengan baik agar hasilnya juga baik.

  • Menggunakan Jasa Desainer

Konten berisi tentang Panduan sesuatu pastinya butuh gambar, background dan font yang bagus agar lebih mudah dipahami pembaca. Jika memang kamu sendiri bisa mendesainnya tak perlu memanggil desainer. Tetapi, hal seperti ini umumnya tak semua orang dapat melakukannya.

Konten Bentuk Infografik

Konten yang saat ini dianggap bagus adalah konten infografik apalagi tentang hal baru pasti bisa viral dalam waktu cepat.

Langkah Membuat Infografik

  • Topik yang tepat

Pilihlah topik yang tepat yang nantinya didasarkan pada data berbentuk step by step. Ini akan menghasilkan konten  yang bagus. Jangan lupa lakukan research terhadap data yang dibutuhkan.

  • Gunakan Jasa Desainer

Carilah desainer yang ahli dalam bidang infografik atau boleh saja menggunakan jasa agency. Jika tidak cukup budget, silakan coba desain sendiri tetapi tidak mudah. Konten yang menggabungkan animasi dengan infografik lebih menarik perhatian pengunjung dan mudah  menarik link.

Konten yang Mampu Membuat Influencer Merasa Menakjubkan

Influencer pasti merasa dihargai dan dihormati jika kamu mengikuti saran mereka dan pendapat mereka untuk konten yang kamu buat. Agar lebih mudah coba ikuti langkah berikut:

  • Tentukan Target  Influencer

Pilihlah 5 atau 10 orang influencer yang ingin berhubungan dan memperoleh link kemudian urutkan mulai dari influencer favorit ke yang tidak terlalu favorit. Sehingga bisa ditemukan setidaknya 2 influencer yang benar-benar menjadi targetmu.

  • Ikuti Saran

Jika websitemu sudah  dikenal dan disukai banyak orang pasti akan memperoleh berbagai komentar dari para pengunjung. Diantara banyaknya komentar pasti ada saran yang dikemukakan para pembaca, nah coba ikuti saran mereka. Tidak semua saran harus diterapkan tetapi pilih yang memang benar-benar bagus untuk diterapkan.

  • Beritahu Influencer Hasil yang Didapat

Setelah menerapkan saran mereka dan akhirnya kamu memperoleh hasilnya, jangan lupa beritahu mereka apa yang kamu  peroleh tersebut. Balas di kolom komentar ataupun melalui email para influencer.

  • Memperoleh Link yang Bagus

Saat kamu mendapat hasil yang bagus dan mampu menunjukkan bahwa ini diperoleh sebab mengikuti saran para influencer, mereka akan meminta yang lebih detail lagi. Tulislah lebih detail lalu kirim email ke influencer. Mungkin saat baru dikirim memang tidak langsung memperoleh link, namun  beberapa waktu kemudian influencer akan menyoroti kisah suksesmu dalam postingan mereka. Hal ini tentu menarik perhatian penggemar dan pengikut influencer untuk berkunjung ke link websitemu. Semakin terkenal influencer yang kamu pilih, maka link yang kamu dapatkan semakin bagus. Makanya di awal dijelaskan untuk memilih influencer bukan mengambil semuanya.

Nah, sudah tahu kan konten yang mana saja mampu menarik backlink. Jadi, ke depannya jika ingin memperoleh backlink berkualitas dan gratis cobalah buat konten seperti di atas. Jika website kamu berisi konten menarik yang berguna untuk pengunjung, pasti mereka bersedia memasang backlink menuju websitemu. Hal ini tentu saja menguntungkan sebab kamu akan mendapat backlink gratis tanpa kamu meminta mereka melakukannya bahkan bisa saja backlink akan terus berdatangan ke websitemu.

Baca Juga :